Kamis, 11 Juni 2015

Inilah Manfaat Vitamin Bagi Seluruh Tubuh

inilah manfaat vitamin bagi seluruh tubuh
Manfaat Vitamin Bagi Seluruh Tubuh - Tubuh membutuhkan berbagai gizi agar tubuhnya sehat, seperti karbohidrat, lemak, protein dan vitamin. Kali ini kita membahas tuntas mengenai manfaat vitamin bagi seluruh tubuh. Dimana vitamin itu banyak sekali yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E dan vitamin K.

Langsung saja kita bahas mengenai manfaat vitamin bagi seluruh tubuh :

Vitamin A
Manfaat dari vitamin A bagi tubuh adalah untuk menjaga kesehatan mata, membuat kekebalan tubuh semakin meningkat, dapat mencegah sakit kanker dan jantung. Adapun sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah buah-buahan dan sayuran seperti bayam, kentang, tomat, mangga, pepaya, labu, pisang dan masih lain-lain.

Vitamin B1
Adapun manfaat dari vitamin B1 atau yang sering disebut dengan Thiamin adalah untuk menyehatkan dan menormalkan fungsi syaraf, otak, dan jantung. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B1 adalah kacang-kacangan.

Vitamin B2
Vitamin B2 atau sering dikenal dengan nama riboflavin berfungsi membantu pertumbuhan dan reprosuksi, menjaga kesehatan mata, kulit dan kesehatan rambut. Sumber makanan yang mengandung B2 adalah jenis sayur-sayuran dan buah-buahan, namun jumlahnya sedikit. Untuk itu kita harus mengkonsumsi buah dan sayur yang cukup agar kebutuhan vitamin B2 terpenuhi.

Vitamin B3
Vitamin B3 mempunyai nama lain yaitu niasin, dimana vitamin B3 ini bermanfaat bagi tubuh untuk menghasilkan energi di badan, dan pembuatan hormon seks. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B3 adalah di buah advokat.

Vitamin B5
Vitamin B5 atau asam pantotenat bermanfaat bagi tubuh untuk pembentuk hemoglobin. Sumber mekanan yang banyak mengandung vitamin B5 adalah brokoli, jeruk, stoberi, kembang kol.

Vitamin B6
Vitamin B6 memiliki nama lain yaitu piridoksin bermanfaat untuk membentuk sel darah merah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin B6 adalah pisang, kembang kol, kentang dan kubis.

Vitamin B12
Vitamin B12 atau cobalamin berfungsi untuk menyehatkan sistem pencernaan, sumsum tulang belakang dan menyehatkan syaraf. Sumber makanannya yaitu sayuran dan buah-buahan. Vitamin B12 sama dengan vitamin B2 jumlah vitamin yang ada di buah dan sayur sedikit, sehingga kita harus banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Vitamin C
Vitamin C bermanfaat untuk membentuk kolagen sehingga kulit terlihat lebih cantik, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah infeksi, dan dapat mencegah sakit kanker. Makanan yang terdapat vitamin C adalah jambu, jeruk, sirsak, tomat, mangga, brokoli, kentang dan masih banyak lagi. Karena hampir semua buah dan sayuran mengandung vitamin C.

Vitamin D
Berfungsi untuk menyehatkan tulang dan gigi. Sumber vitamin D yang banyak adalah dari sinar matahari pagi hari.

Vitamin E
Berfungsi untuk mencegah radikal bebas, mencegah penuaan dini, mencegah keguguran pada ibu hamil dan mencegah senggugutan atau rasa sakit saat menstruasi / haid. Vitamin E ini banyak terdapat pada sayuran aparagus, toge atau kecambah, tomat, brokoli, avokat dan semua sayuran hijau.

Vitamin K
Bermanfaat untuk membentukan pembentukan darah menjadi lebih sehat dan cukup, menyehatkan tulang. Sumber makanannya adalah brokoli, kubis, bayam, kacang polong dan semua sayuran hijau.

Itulah manfaat vitamin bagi seluruh tubuh, semoga semua vitamin-vitamin tersebut kita penuhi sehingga badan tetap sehat dan penyakit tidak mudah menghampiri tubuh kita.

Baca juga artikel berikut : Usaha Sampingan di Bisnis Internet di Bali