Sabtu, 04 Juli 2015

Inilah Jenis-Jenis Informasi di Ilmu Perpustakaan

inilah jenis-jenis informasi di ilmu perpustakaan
Inilah Jenis-Jenis Informasi di Ilmu Perpustakaan

Informasi itu dibagi menjadi 5 jenis yaitu :

1. Informasi sebagai komoditi
Bila informasi dianggap sebagai komoditas maka informasi sering kali diasumsikan memiliki nilai ekonomi sehingga manajemen ekonomi menjadi penting.

2. Informasi sebagai energi
Mereka yang memandang informasi sebagai energi menganggap informasi sebagai wujud fisik terhitungkan, keberadaannya atau ketidak beradaannya dapat diuji berdasarkan eksperimen. Pendapat ini menyatakan bahwa informasi yang dipancarkan atau terikat dalam bentuk energi. Sebagai contoh informasi yang dipancarkan oleh gelombang suara yang berasal dari seruling kereta api memberi informasi sebagai energi.

3. Informasi sebagai komunikasi
Informasi sering disinonimkan dengan komunikasi. Bila seseorang berkomunikasi dengan orang lain, maka orang yang memprakarsasi pertukaran data memberikan atau memancarkan pemahamannya tentang data ke orang yang menerimanya. Bila data diterima orang lain maka si penerima dikatakan diinformasikan sebagai hasil komunikasi, dikenal pula dengan sebutan transfer informasi.

4. Informasi sebagai fakta
Informasi seringkali dianggap sama dengan fakta. Hari apakah sekarang? Kapankah ulang tahun Anda? Bila informasi digunakan demikian maka sebenarnya tidak berarti ada penggunaan fakta aktual, walaupun tanggal ulang tahun digunakan untuk tujuan lain misalnya untuk memberi bunga atau kado. Fakta harus ditempatkan dalam konteksnya, jikalau tidak maka fakta tetaplah fakta.

5. Informasi sebagai data
Data merupakan symbol yang ditata menurut ketentuan dan konvensi yang berlaku, misalnya bila kita menyusun huruf dan angka menurut cara tertentu maka huruf dan angka ini menjadi data. Fakta adalah sebuah data atau lebih yang tergabung dalam konteks.

6. Informasi sebagai pengetahuan
Pengetahuan mengimplikasikan keadaan pemahaman di luar kesadaran. Pengetahuan merupakan kemampuan intelektual untuk meramalkan di luar fakta dan menarik kesimpulan. Pengetahuan harus disimpulkan tidak hanya disadari. Apa yang kita ketahui atau pikir sering disebut informasi.

Demikianlah jenis-jenis informasi di ilmu perpustakaan. Semoga bermanfaat.
Baca juga artikel berikut : Tips Bisnis Online Terbaik di Yogyakarta